Thursday, August 4, 2011

Rahasia-Rahasia di Balik Basmallah

بسم الله الرحمن الرحيم
  

          Sebuah pernyataan terkenal menyebutkan bahwa 'semua Firman Allah yang tertulis dalam kitab-kitab yang diturunkan-Nya tercakup dalam Al Qur'an. Semua yang ada dalam Al Qur'an tercakup dalam Al Fatihah. semua yang ada dalam Al Fatihah tercakup dalam Basmallah'. Pernyataan yang lain menambahkan bahwa ' semua yang ada dalam Basmallah tercakup dalam huruf ba', dan semua yang ada dalam huruf ba' tercakup dalam satu titik di bawahnya'.

           Seorang 'arif mengatakan, "Basmallah dari seseorang yang 'arif mempunyai kedudukan sebagaimana ku di sisi Allah."

            Sayyid Husain bin Abdusy syakur al-Madani r.a. berkata dalam kitabnya al-Fuyudhat al-Husna min Musyahadat al-Habib al-Asna

"Membicarakan basmallah sebenarnya tidak cukup memadahi dengan bahasa katadan tidak pula tercakup dengan bahasa isyarat. Ungkapan yang cukup mengena adalah basmallah merupakan kunci Rahasia-rahasia keajaiban sekaligus kesaksian dalam setiap ibadah dan kebiasaan hukum alam. Dengannya, kebekuan makna-makna bisa diurai bagi masing-masing makna. Dengannya, jelaslah bentuk-bentuk yang mengisi wadah-wadah wujud ini. Dengannya, memancarlah cahaya-cahaya dalam arena keanekaragaman. Dengannya, tampaklah wujud semesta lahir beserta alam-alam penyusunnya, serta tersembunyilah khazanah semesta bathin dalam alam-alam penyusunnya"
 
         Maka, tidak ada satu biji atom pun, kecuali rahasia basmallah mengalir di dalamnya. tidak ada puncak ketinggian kecualilimpahan basmallah berada di pelosok-pelosok tersembunyi dan pinggir-pinggir pembatasnya. Basmallah merupakan kemahiran memulai yang memadukan apa yang sudah dan akan terjadi, dalam kenyataan-kenyataan lahir dan rahasia-rahasia bathin. Basmallah adalah nama yang mencakup dan argumentasi yang sempurna.

          Allah memulai kitab-Nya dengan basmallah, yang mencakup rahasia-Nya yang terpendam. Basmallah mencakup kandungan kitab ini, yaitu pengetahuan-pengetahuan. Yaitu, segala yang di nalar dan di pahami.

          Basmallah mengandung berbagai detil yang terperinci. Kami tidak mengabaikan dalam kitab ini pada sesuatu pun. (QS. Al-An-am 38)

           Basmallah mencakup berbagai detil yang terperinci. Tidak ada sesuatu pun kecuali khazanah-khazanah (pemahaman)-nya ada pada kami. Dan tidaklah Kami menurunkan Kitab ini kecuali dengan ukuran yang di ketahui. (QS. Al-Hijr 21)


          Allah menjadikannya sebagai kunci Rahasia setiap surat dan lentera pemancar Cahaya-Cahaya setiap bentuk perwujudan. "karena segala sesuatu yang penting yang tidak di mulai dengan Bismillahi ar-Rahmani ar-Rahimi,  maka ia terputus."

          Segala hal yang penting di sini, menurut ahli kesempurnaan, adalah hal yang terucap dengan perbuatan nyata maupun dengan ucapan lisan. Maka, berbahagialah orang yang mengetahui kapasitas Basmallah, menghafalkan, menjaga, dan meletakkan sesuai posisinya yang utama, dalam mihrab Istiqomah dan masjid ketegarannya.

           Karena ia adalah imam seluruh kalimat Qur'ani dan imam segala wujud semesta indrawi dan maknawi. Barang siapa tidak memiliki imam, dia tidak layak memiliki maqom. Allah Ta'ala berfirman: Pada hari kami memanggil setiap kelompok dengan imam mereka. (QS Al Isra 71)

           Siapapun yang tidak memiliki imam, amal-amalnya tidak di pandu imam, maka dia terputus. Dia tidak berhak memperoleh doa yang luhur (tulus). Yang di maksud imam adalah adanya basmallah secara indrawi maupun Maknawi, bukan bentuk wujud dan rupa nyata. Karena setiap huruf menuntut hak-hakmu. Berilah, maka kamu akan di beri. Tinggalkan orang yang tertinggal dan lambat.

          Basmallah tidak lain merupakan kunci pembuka pintu ilmu-ilmu Al-Qur'an. Basmallah menghantarkan para pencari mencapai tujuan-tujuan yang baik. Allah Sang Maha agung tidak mendahulukan basmallah kecuali adanya kandungan di dalamnya, berupa Rahasia yang mencakup banyak hal dan kapasitas yang benar. Karena Dia Maha tahu dan Maha Bijaksana.

           Maka ikutilah Sang Maha Bijaksana dalam hal itu, dalam setiap amal perbuatanmu. Jangan menghalangi hati dan lisanmu untuk mencapai tebaran awan-awannya berupa pemahaman makna-makna dan kejelasannya.

          Tidak ada bentuk wujud kecuali dia memiliki rahasia makna. Setiap orang yang memenuhinya, niscaya mendapatkan bagian rahasia yang menakjubkan ini, sesuai kapasitas perjuangan dan kelebihan penyerahannya. Maka, penuhilah dengan penyerahan di sertai pemenuhan. Berserahlah dengan berusaha memenuhi, supaya kamu mencapai hasil yang menakjubkan.

           Hadapkan seluruh jiwamu pada basmallah, dalam keterkaitan dan keteruraianmu. Kamu akan beruntung dengan menggapai capaian-capaian dalam setiap perjalananmu. Kamu dapat menyiramkan anugerah-anugerah-Nya ke dalam alam-alam pergolakan hatimu dan jungkirbalik kesibukanmu.

          Kami memuji Engkau, Ya Allah, atas anugerah kesempurnaan dan pemberian yang lengkap ini. Kami memohon kepada Engkau, Ya Allah, untuk melimpahkan kepada kami rahasia-rahasianya, membenamkan kami dalam Cahaya-Cahaya, serta menjadikan kami bertahan memenuhi hak-hak kesempurnaannya, dalam menyaksikan keindahan dan keagungannya. Tunjukan kami, Ya Allah, dengan memahami Ilmu-Ilmu hurufnya, semua disiplin Ilmunya.

No comments:

Post a Comment